Senin, 07 Juli 2014

#Honestly Live Tiles di Nokia Lumia 520


Sudah setahun ini saya menggunakan Nokia Lumia 520. Terbiasa dengan smartphone berbasis Android membuat saya perlu pembiasaan beberapa hari. Tidak lama kok, hanya beberapa hari. Setelah itu saya malah ketagihan dengan Live Tiles yang ada di Nokia Lumia 520 ini. Jika laptop anda telah terpasang Windows terbaru, lebih mudah lagi penyesuaiannya.


Apa itu Live Tiles?

Live Tiles atau Ubin Hidup, artinya tampilan kotak-kota pada home screen yang bergerak dan hidup. Dengan live tiles kita bisa meletakkan aplikasi-aplikasi favorit pada layar depan tanpa harus membuka folder. Ukurannya bisa diatur besar-kecil sehingga tidak tampak monoton. Warna pun bisa diatur sesuai selera.

Notifikasi email, chat, sosial media, update berita hingga perubahan cuaca bisa langsung terlihat di home screen.  Microsoft berhasil membuat live tiles lebih interaktif dan mampu mengakomodir kebutuhan pengguna. Mereka akan memberitahu kita berapa banyak pesan email yang menunggu untuk dilihat, atau menampilkan komentar seseorang diposting ke dinding Facebook kita.


Mengapa Live Tiles mengusung jargon #Honestly ?

Honestly atau kejujuran, dalam hal ini yang dimaksud adalah jati diri pengguna dapat terlihat dari layar ponsel dengan Live Tiles.  Setiap orang bisa mengatur aplikasi apa saja di home screen. Ini individual sekali sifatnya. Besar kecilnya kotak ubin atau warna dasar bisa diatur sedemikian rupa sesuai selera.


Saya dan Live Tiles.

Bisa dilihat dalam foto home screen Lumia 520 saya di atas, aplikasi telepon, message, dan chat saya letakkan paling atas. Tak lain karena saya ingin lebih cepat tahu saat ada panggilan atau pesan masuk. Menelepon dan pesan keluar juga lebih cepat tanpa harus membuka folder. Nah, kalau alarm sengaja saya pasang di depan karena saya butuh pengingat waktu mengingat jadwal yang padat.

Untuk browsing saya mengunduh aplikasi pihak ketiga dari market. Nama aplikasinya Uce, berlogo tupai. Update Windows juga saya letakkan di depan karena saya kebutuhan saya untuk update informasi seputar ponsel sangat intensif.

Aplikasi penting lainnya adalah MDM (Mau Makan Dimana) dan Here Drive. Kedua aplikasi ini penting sekali sebagai petunjuk lapang di saat saya dinas ke luar kota.  MDM selalu update lokasi-lokasi tempat makan di lokasi terdekat. Sedangkan Here Drive sudah jelas penting untuk mencari lokasi-loaksi yang baru saya jelajahi.  Beberapa lokasi penting seperti alamat rumah dan mall langganan keluarga saya lekatkan di home screen. Jadi dimanapun saya berkeliling kota, saya bisa dengan mudah diarahkan ke rumah. Walaupun sering ke Jakarta, peta digital tetap diperlukan karena jalan di Jakarta tak mudah ditaklukkan.

Sedikit saya ulas tentang keunggulan Here Drive dibanding aplikasi GPs lainnya adalah keakuratan dan selalui terbaru. Jalan-jalan kecil maupun baru serta point-point baru mudah dicari dari Here Drives. Keakuratannya juga tinggi.

Saat ini aplikasi Live Tiles ada di beberapa type Nokia Lumia seri 820, 625, 925, 720, 510, 520, 1320, dan 1520.  Yang saat ini paling menggiurkan bagi saya adalah Nokia Lumia 1520. Kalau intip di tabloid Pulsa, harga barunya saat ini Rp. 8.000.000,-. Dengan layar 6 inch cukup lebar namun tetap handy.  Kelebihannya lainnya adalah kamera 20 MP dan prosesor  Qualcomm MSM8974 snapdragon 800 Cpu Quadcore 2.2 Ghz Krait 400GPU Andreno 330 yang memantapkan Nokia Lumia 1520 sebagai smartphone super dari Microsoft Indonesia.



1 komentar:

  1. Memang menarik ya Live Tiles ini, mas Ari. Bisa jadi "asisten pribadi" kita :)

    Terima kasih sudah ikut GA saya ya, sudah saya catat namanya :)

    BalasHapus